hardiknas.web.id

simple notes from a simple man

Kenggulan Bahasa Pemrograman C# (CSharp)

Dalam dunia pemrograman saat ini, kebutuhan akan penggunaan program tidak lagi hanya terbatas pada peralatan berupa personal computer, program juga digunakan pada consumer-electronic devices (cell phones dan PDA) sehingga menciptakan persoalan dan kebutuhan yang baru. Integrasi komponen software yang berbeda bahasa juga semakin sulit. Kebutuhan pengembangan aplikasi berbasis Web yang terkoneksi dengan Internet juga sudah semakin banyak. Pengembang software sadar bahwa mereka membutuhkan software yang dapat digunakan siapa saja dan dapat digunakan pada semua perangkat yang ada (PC, cell phones, PDA, dll).
Untuk menjawab semua permasalahan dan kebutuhan diatas pada tahun 2000 Microsoft meluncurkan bahasa pemrograman baru yang diberi nama C# Programming Language. C# dikembangkan oleh Microsoft oleh tim yang dipimpin oleh Anders Hejlsberg.
Dan berikut beberapa yang ditawarkan Microsoft dalam Pemrograman C#, antara lain :
  1. C# bersifat sederhana. C# dikatakan sederhana katrena bahasa ini didasarkan kepada bahas C dan C++. Jika kita telah familiar dengan C dan C++ atau bahkan java, kita akan menemukan aspek-aspek yang begitu familiar, seperti statements, expression, operators, dan beberapa fungsi yang diadopsi langsung dari C dan C++, tetapu dengan berbagai perbaikan yang membuat bahasanya menjadi lebih sederhana.
  2. C# adalah bahasa pemrograman yang memiliki level aplikasi yang tinggi. Program C# merupakan sebuah solusi dari permasalahan masa depan dan masa kini. Karena C# merupakan bahasa HighLevel Interporability. Dan jika membahas C# secara tidak langsung juga membicarakan teknologi.
  3. C# adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci atau keyword yang sedikit dan lebih mudah. Kata kunci disini merupakan fungsi ataupun kata dasar yang disediakan compiler suatu bahasa pemrograman. Hal ini membawa pengaruh semakin mudahnya kita menulis program dengan C#. Pengaruh lain dari sedikitnya kata kunci ini adalah proses eksekusi program C# yang sangat cepat.
  4. C# adalah bahasa pemrograman dengan produktivitas yang tinggi.Konsep OOP yang tertanam kuat pada C# memungkinkan pembuatan program yang dapat dengan mudah dikembangakan dengan kekayaan class library.
  5. C# adalah bahasa pemrograman yang kuat dan fleksibel. Dengan menguasai bahasa C# sehingga bias menulis dan dikembangan nerbagai jenis program mulai dari operating system, word processor, grapic processor, spreadsheets. Ataupun compiler untuk suatu bahasa pemrograman.
  6. C# adalah bahasa pemrograman yang bersifat moduler. Program C# ditulis dalam routine yang biasa dipanggil dengan fungsi. Fungsi-fungsi yang telah kita buat, bisa kita gunakan kembali dalam program ataupun aplikasi lain.